JAKARTA – Diluncurkan pada 2 Mei 2019 saat pameran seni Frieze di New York, RIMOWA dan seniman kontemporer Daniel Arsham hidupkan kembali koper vintage dari RIMOWA Archive.

Terinspirasi oleh koper-koper kamera RIMOWA yang ikonik selama beberapa dekade terakhir, sang seniman menggunakan desain orisinalnya untuk menciptakan karya seni yang diberi nama “eroded suitcase”. Disajikan sebagai objek arsip, lengkap dengan sarung tangan perawatan seni, pahatan ini ditempatkan dalam koper vintage yang menginspirasi karya seni tersebut – RIMOWA Classic Attaché.

Salah satu seniman kontemporer Amerika yang sedang mendapat banyak perhatian, Daniel Arsham, menggabungkan pendekatan yang cukup ilmiah untuk patung, instalasi, dan desain panggungnya, yang tumbuh dari ketertarikannya pada dokumentasi dan arsitektur. Dengan

mengadopsi bahasa dari masa depan dan masa lalu secara bersamaan, Arsham membuka batasan antara arkeologi dan fiksi ilmiah.

Mirip dengan seri “Future Relic” (2013-2018) di mana Arsham membayangkan berbagai objek sehari-hari sebagai penemuan arkeologis dari masa depan, dari sebuah dunia dystopia, karya seni “eroded suitcase” RIMOWA tampak seperti diambil dari tanah dan puing-puing, seolah-olah digali dari situs penggalian arkeologi. Satu-satunya petunjuk yang kontras adalah warna putih dari karyanya yang memperkuat kesan objek berasal dari dunia lain.

“Eroded suitcase” dipamerkan bersama dengan karya-karya lainnya yang serupa seperti kamera Polaroid, pemutar kaset, dan ponsel yang tampak seperti peninggalan benda-benda bersejarah yang terkikis secara fisik. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi baru bisa dengan cepat menjadi suatu hal yang kuno. Seri "Future Relic" juga mencakup beberapa film yang diproduksi Arsham tentang objek-objek ini yang dibintangi oleh aktor-aktor seperti James Franco, Juliette Lewis, dan Mahershala Ali.

Untuk pertama kalinya RIMOWA akan bermitra dengan rumah lelang ternama, Sotheby, sebagai bagian dari kegiatan peluncuran karya seni “eroded suitcase” hasil kolaborasi RIMOWA x Daniel Arsham. Ditampilkan secara eksklusif dalam pelelangan ini, hasil kolaborasi RIMOWA x Daniel Arsham akan tampil dengan karya seni yang sudah ditandatangani, surat pribadi dari sang seniman, dan satu set stiker koper edisi khusus yang dirancang oleh RIMOWA dan Daniel Arsham.

Lelang ini akan dilakukan secara online dan terbuka untuk penawaran mulai dari tanggal 2-13 Mei 2019. Kunjungi www.sothebys.com/rimowa untuk mendaftarkan diri Anda dan menerima pemberitahuan terbaru. Karya seni RIMOWA x Daniel Arsham akan tersedia dengan harga HK$16,700 mulai 17 Mei di gerai-gerai RIMOWA tertentu. (rls/ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here