LaLiga dan GSIC Luncurkan Kompetisi Global Terbesar untuk Startup Mengenai Solusi Sepak Bola, Olahraga, dan Industri Hiburan

0

LaLiga bersama Global Sports Innovation Center yang dipersembahkan oleh Microsoft (GSIC) menghadirkan 2019 Startup Competition of The Original Inspiration Centre by LaLiga Supported by GSIC. Ini adalah sebuah inisiatif gabungan untuk mengidentifikasi pengembangan teknologi terbaik di industri olahraga dan hiburan. Program ini bertujuan untuk memberdayakan talenta-talenta digital yang mengembangkan solusi inovatif di bidang sepak bola, olahraga, dan industri hiburan yang dapat mendukung perkembangan LaLiga di bidang teknologi dan inovasi, melalui kompetisi startup teknologi global yang dimulai pada 29 Januari 2019. Inisiatif ini mempertegas langkah maju terkait strategi untuk mempromosikan inovasi sebagai bagian dari perjanjian kolaborasi antara Microsoft dan LaLiga sejak mereka mulai bekerjasama untuk melakukan transformasi digital LaLiga pada Desember 2016.

Kompetisi yang dipromosikan oleh LaLiga dan dikelola oleh GSIC merupakan hasil perjanjian yang ditandatangani pada September 2018 lalu dengan tujuan untuk menciptakan peluang di sektor sepak bola dan industri hiburan untuk perusahaan-perusahaan baru di seluruh dunia. Solusi-solusi yang ditampilkan dalam kompetisi ini harus berdasarkan empat landasan berikut:

• Media: OTT, penyiaran, media sosial, konten digital, media baru, pemasaran digital, layar kedua (second screens), grafik, analisis, dan pembajakan.

• Keterlibatan penggemar: profil penggemar, media sosial, e-sports, gamifikasi, kanal aspirasi sosial,

komunitas, komersialisasi, VR/AR/MR, permainan digital.

• Smart Venues: keamanan, keterlibatan penggemar, penjualan tiket, pengalaman penggemar, makanan dan minuman, konektivitas, pembayaran non-tunai, kontrol akses, dan pengelolaan tamu.

• Performa olahraga: analisis, materi pelatihan olahraga, pencegahan cedera, kesehatan dan gaya hidup, penelitian.

• Lainnya seperti big data, kecerdasan buatan, machine learning, dll.

Iris Cordoba, General Manager GSIC, mengatakan, “Kami memiliki komitmen terhadap perusahaan-

perusahaan dan organisasi-organisasi yang inovatif yang dapat memberikan nilai tambah pada industri olahraga dalam proses transformasi digital mereka. Peluncuran program ini memungkinkan kami untuk mendukung strategi inovasi LaLiga dan menawarkan keanggotaan GSIC kepada perusahaan-perusahaan yang menjadi finalis, di mana GSIC memiliki jaringan yang kuat di 200 perusahaan, mentor, dan aktivitas-aktivitas yang dapat memfasilitasi mereka untuk menjalankan pilot project dengan LaLiga.”

Sementara itu, Minerva Santana, Direktur Inovasi LaLiga, menyatakan bahwa, “Di LaLiga, kami berkomitmen untuk pengembangan inovasi teknologi terbaik yang dapat membantu dalam memperkaya pengalaman para penggemar kami serta pertumbuhan teknologi klub-klub LaLiga. Selain itu, dengan inisiatif ini, kami kembali menegaskan komitmen kami untuk memberdayakan talenta-talenta di industri sepak bola.”

Kompetisi startup Proses pendaftaran untuk kompetisi ini, yang masih dibuka hingga 30 Maret 2019, akan diawali dengan proses seleksi 25 startup yang dipilih oleh para juri yang terdiri dari perwakilan LaLiga, GSIC, dan Microsoft.

Startup-startup ini akan mempresentasikan proposal mereka secara online di bulan Mei 2019 untuk kemudian diseleksi dan maju ke babak final, di mana 10 finalis berkesempatan untuk menjalankan pilot project bersama LaLiga. Dengan mengikuti kompetisi, para finalis juga akan mendapatkan manfaat-manfaat berikut:

– Sesi mentoring yang diberikan oleh para eksekutif LaLiga sehingga mereka dapat mengenal LaLiga lebih dalam dan membiasakan diri dengan lingkungan di mana pilot project akan dijalankan.

– Kesempatan untuk mengimplementasikan solusi yang mereka rumuskan di berbagai bidang persepakbolaan profesional Spanyol. Mereka dapat berintegrasi ke dalam struktur dan melihat dampak yang bisa mereka tawarkan.

– Kesempatan untuk mengakses aset tertentu LaLiga yang berhubungan dengan pilot project yang sedang dikembangkan (sebagai contoh, penggabungan data kompetisi, media sosial, jaringan mitra, penelitian pasar, dll.).

– Pekan orientasi di akhir bulan September dengan aktivitas-aktivitas dan sesi kerja untuk berkenalan dengan para pemimpin LaLiga dan GSIC, dan juga objektif beserta tantangan yang dihadapi oleh LaLiga dan GSIC.

– Hadiah uang tunai untuk menjelajahi Spanyol selama pekan orientasi berlangsung.

Di babak final dari program ini (September-Desember 2019), 10 startup finalis akan memulai program akselerasi GSIC dengan sesi mentoring, pertemuan dengan investor, sertifikasi transformasi digital, serta kesempatan untuk mengakses program Startup dari Microsoft. Selama periode ini, pilot project yang telah disetujui oleh LaLiga juga akan mulai dikembangkan. 10 startup yang menjadi finalis juga dapat menikmati fasilitas keanggotaan GSIC tanpa dikenakan biaya selama enam bulan untuk seluruh layanan dan manfaat yang disediakan di dalam ekosistemnya, yang mencakup: networking, partisipasi dalam aktivitas terkait inovasi dan penelitian terapan, kontak B2B, liputan media, acara-acara internasional, dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here