Survei Indikator Politik: AHY Calon Paling Kuat Dampingi Jokowi

0
Agus Harimurti Yudhoyono - dok.Jurnas.com

Jakarta – Hasil survei terbaru yang digelar lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukan Ketua Komando Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan sosok terkuat sebagai calon wakil presiden bagi Joko Widodo (Jokowi).

Sedangkan Anies Baswedan sebagai sosok terkuat calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto.

“Nama keduanya mendapatkan dukungan terbesar dari responden yang disurvei pada 25 hingga 31 Maret lalu di sejumlah kota-kota besar di Indonesia,” tutur Direktur IPI Burhanuddin Muhtadi di Cikini Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018).

Pendapat responden, kata Burhanuddin, menunjukan AHY berada di urutan pertama dari 11 nama yang berpeluang untuk dipilih Jokowi sebagai pendampingnya dalam pemilihan presiden 2019 mendatang.

Dia mendapatkan 22,4% suara. AHY mengungguli Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang dipilih 10,5% suara responden. Bahkan mengungguli mantan Ketua MK Mahfud MD yang dipiih 8,4% responden, dan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, yang mendapat 4% suara,

“Dari 11 nama calon wakil presiden yang banyak beredar Agus Harimurti cukup menonjol dukungannya,” ucap Burhanuddin.

Sedangkan, untuk calon wakil Prabowo Subianto, survei IPI menunjukan sosok Anies Baswedan mendapatkan suara terbanyak dari responden. Gubernur DKI Jakarta ini mengantongi 15,1%.

Dia disusul AHY dengan suara 10,8% dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, yang mendapat suara 10,1%.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang berusia 17 tahun lebih. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin error 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. (Mtf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here