Pemerintah Pastikan Stok Pangan Selama Ramadhan Aman

0
pedagang bahan pangan di pasar - dok.jogja.polri.go.id

Jakarta – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tjahya Widayanti memasikan stok bahan pangan selama bulan Ramadhan aman.

Sehingga, harga bahan kebutuhan pokok diperkirakan akan stabil sepanjang bulan puasa hingga Idul Fitri.

“Kami sudah mendatangani 25 provinsi untuk mengecek kondisi. Dari sisi stok aman bahkan harga beras turun mencapai HET (harga eceran tertinggi) untuk beras medium dan premium,” tuturnya saat melakukan pengecekan harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (4/5/2018) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S.Uno.

Dengan fakta seperti itu, kata Tjahya, maka tidak ada alasan bagi pedagang untuk memainkan harga pada saat bulan puasa dan lebaran nanti.

Pernyataan senada diungkapkan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi. Menurutnya, pergerakan stok berikut harga produk pangan terus dimonitor secara rutin.

“Dari pemantauan itu, kita ketahui stok beras, telur, daging, ayam, cabai, bawang, sudah diantisipasi,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, luas tanam komoditas pangan seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih telah ditambah sejak tiga bulan lalu.

“Kami juga akan kawalproses distribusinya. Sebab, jika terlambat 1-2 jam saja akan menyebabkan kenaikan harga di konsumen,” imbuhnya. (Sta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here