Sidang Kasus e-KTP: Pengacara Setya Novanto Sebut Dakwaan Jaksa Keliru

0
Setya Novanto saat menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi terkait kasus dugaan korupsi proyek e-KTP-dok.Jitunews.com

Jakarta – Pengacara terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP), Maqdir Ismail, menyebut dakwaan Jaksa Penuntut Umum terhadap kliennya, Setya Novanto, keliru.

Menurutnya, sebuah cara berpikir yang salah jika anggaran proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun itu bisa diatur oleh Novanto seorang.

“Ini bisa menjadi sebuah kegagalan berpikir jika menganggap penganggaran di DPR berapapun jumlahnya, bisa diatur dan disetujui hanya oleh saudara Setya Novanto seorang dan Fraksi Partai Golkar,” tuturnya saat membacakan pledoi untuk Setya Novanto, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Jumat (13/4).

Menurutnya, kapasitas kliennya yang saat itu hanya sebagai anggota dan Ketua Fraksi Partai Golkar tidak memiliki kekuasaan dan kewenangan untuk melakukan intervensi.

“Terlebih terhadap setiap tahap proses penganggaran dan pengadaan barang atau jasa paket pekerjaan e-KTP,” tegasnya.

Bahkan, Maqdir mengaku risau dengan upaya-upaya untuk mengembangkan stigma di sepanjang proses persidangan bahwa kliennya melakukan persekongkolan jahat untuk mengarahkan Komisi II DPR dan Badan Anggaran DPR untuk menyetujui penganggaran proyek tersebut.

Sementara, lanjut dia, di komisi itu dan Badan Anggaran DPR ada sembilan fraksi independen. “Karena itu, jika disebut ada persekongkolan oleh sembilan fraksi, hal itu wajib dibuktikan di persidangan. Begitu juga tentang dakwaan tindakan nyata dari terdakwa yang disebut mempengaruhi sembilan fraksi tersebut,” paparnya.

Pada persidangan sebelumnya, JPU dari Komisi Pemberantasan Korupsi mendakwa Novanto telah melakukan persengkongkolan untuk mengarahkan penganggaran proyek e-KTP.

Lantaran itulah JPU menuntutnya hukuman penjara 16 tahun dan denda Rp 1 miliar.
Selain itu bekas Ketua DPR yang juga bekas Ketua Umum DPP Partai Golkar itu dituntut membayar uang pengganti senilai US$ 7,435 juta. (Mtf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here