Pembangunan Diprediksi Selesai 2019, Bandara Purbalingga Mudahkan Wisatawan

0
Sebuah pesawat di Bandara Wirasaba Purbalingga - dok.infodarianda.com

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II memperkirakan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Wirasaba, Purbalingga bakal rampung Desember 2019 jika groundbreaking dimulai pada Mei nanti.

Keberadaan bandara ini diyakini bakal memangkas waktu perjalanan dari dank e Purbalingga, bahkan semakin membuka akses daerah tersebut.

“Artinya, penyelesaian pembangunan bandara ini juga bergantung kepada jadwal peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Kementerian Perhubungan. Kalau dilakukan pada April atau Mei, maka Desember 2019 Insya Allah sudah rampung,” papar Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, Rabu (18/4).

Menurutnya, pihaknya sudah siap melaksanakan pembangunan bandara tersebut. Begitu pun dengan dana yang dibutuhkan, dari internal perusahaan sekitar Rp 400 miliar.

“Lahan juga sudah siap. Selain itu bandara ini juga tidak terlalu luas, sehingga kami optimis target itu tercapai,” ujarnya.

Untuk tahap awal, bandara ini memiliki panjang 1.600 meter. Sedangkan lebar landasan pacunya 30 meter,

Luas gedung terminal 3.000 meter persegi. Gedung ini mampu menampung 300.000 penumpang saban tahunnya. Sedangkan apron dan sarana penunjang lainnya tengah dikerjakan gambar desainnya.

Diperkirakan, dengan kehadiran bandara ini perjalanan dari Purbalingga ke Yogyakarta atau Semarang yang selama ini ditempuh dalam waktu 5 jam, bakal terpangkas menjadi 1 jam. Selain lebih efisien, juga diyakini akan menarik minat wisawatan datang bertandang ke daerah ini. (Kur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here