Mantap, Gunung Rinjani Ditetapkan sebagai Geopark Dunia oleh Unesco

0
Danau Segara Anak salah satu daya tarik di Gunung Rinjani-dok.Widya Wisata

Mataram – Sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Periserikatan Bangsa-bangsa (Unesco) dalam sidangnya, Kamis (12/4), lalu menetapkan Gunung Rinjani, di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai geopark.

Dengan penetapan tersebut Gunung Rinjani menyusul Kaldera Batur di Bali dan Geopark Gunung Sewu di Yogyakarta yang sebelumnya juga telah ditetapkan sebagai geopark.

Seperti dilaporkan laman Antaranews.com, Sabtu (14/4) kemarin, kabar tersebut dikonfirmasi General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul.

“Baru saja saya mendapatkan kabar bahwa pada sidang Unesco Executive Board, Kamis (12/4) di Paris, telah menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru Unesco Global Geopark,” paparnya.

Gunung Rinjani berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kawasan ini meliputi empat wilayah di Pulau Lombok, yakni Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu daya tarik TNGR adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut. (Dte)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here