Kendrick Lamar, Musisi Non Jazz dan Klasik Pertama yang Terima Pulitzer Prize

0
Kendrick Lamar - dok.Fact Magazine

Washington – Rapper Kendrick Lamar dianugerahi penghargaan prestisius di bidang jurnalisme cetak, Pulitzer Prize. Dia tercatat sebagai musisi non jazz dan klasik pertama yang mendapatkan anugerah tersebut.

Seperti dilaporkan The New York Times, Selasa (17/4), Dewan Pulitzer Prize mengumumkan para pemenang itu pada Senin (16/4) siang waktu setempat. Para anggota dewan juri menilai album milik musisi kelahiran 17 Juni 1987 itu memiliki bobot yang tinggi.

Selain kerap bertengger di puncak tangga lagu-lagu di Amerika Serikat, juga memiliki isi yang bernas. Lriknya menyampaikan isu pribadi dan politik yang dialaminya, termasuk ras, keyakinan dan beban kesuksesan komersial.

“Koleksi lagunya merupakan kolrksi virtuoso yang disatukan oleh keaslian vernakular dan dinamisme ritmik yang menangkap kompleksitas kehidupan Afrika-Amerika modern,” bunyi pernyataan dewan.

Penghargaan merupakan penghargaan yang digagas pertama kali oleh Joseph Pulitzer, seorang jurnalis dan penerbit surat kabar berdarah Hungaria-Amerika pada akhir abad ke-19. Pertama kali diberikan pada 4 Juni 1917 dan berlangsung hingga kini saban tahun di bulan April.

Penerima penghargaan ini dipilih oleh sebuah badan independen yang secara resmi diatur oleh Columbia University Graduate School of Journalism, Amerika Serikat. (Dte)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here