Kebijakan Ganjil Genap Mulai Berlaku di Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang

0
Ruas Tol Tangerang-Merak - dok.Palapanews.com

Jakarta – Pemerintah melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mulai hari ini, Senin (16/4) memberlakukan kebijakan pelat nomor ganjil-gnap yang akan melintasi ruas tol Jagorawi dan Jakarta – Tangerang. Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan.

“Kebijakan tersebut kita berlakukan di dua ruas tol itu setelah 12 Maret lalu diberlakukan di ruas tol Jakarta – Cikampek dan hasilnya bagus. Rasio kapasitas jalan dengan volume kendaraan menurun sampai 46%,” tutur Kepala BPTJ Bambang Prihartono, yang dikonfirmasi, akhir pekan lalu.

Menurutnya, BPTJ tol Jagorawi memberlakukan dua kebijakan di ruas tol Jagorawi. Keduanya adalah, penerapan pelat nomor ganjil genap dan lajur khusus bus.
“Paket lajur khusus bus itu diterapkan di lajur 1 mulai dari Bogor sampai Pasar Rebo,” kata Bambang.

Pada saat yang sama pengembangan jalur bus JR Connexion dilakukan di lokasi perumahan prioritas. Perumahan-perumahan tersebut adalah Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi, serta Cibubur Residence.

“Penerapan kebijakan pelat nomor ganjil-genap dilakukan di Gerbang Tol Cibubur 2,” ucapnya.

Untuk ruas tol Jakarta – Tangerang, BPJT menerapkan tiga kebijakan. Ketiganya adalah, kebijakan nomor ganjil-genap, penyediaan lajur khusus bus, serta pembatasan untuk truk golongan III, IV, dan V.

“Tapi kami tegaskan, kami tidak melarang. Sekali lagi, tidak melarang tetapi mengatur karena truk-truk ini kan laju kecepatannya rendah sehingga bisa membuat laju lalu-lintas tersendat. Pembatasan angkutan barang dimulai dari jalan tol Cikupa-Tangerang untuk dua arah mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB setiap hari Seni sampai Jumat kecuali hari libur nasional,” papar Bambang.

Adapun untuk rute JR Connexion bus disediakan di lokasi perumahan Perumahan Citra Raya, Alam Sutera, dan Villa Melati Mas. Selain itu ada di BSD City, dan Perumahan Banjar. (Abs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here