Dukung Industri Properti, REI dan Bank Indonesia Kerjasama Tukar Menukar Data

0
Bank Indonesia - dok.SWA.co.id

Jakarta – Bank Indonesia (BI) dan Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bersepakat bekerjasama dalam pengumpulan dan pertukaran data dan informasi tentang properti, khususnya sektor perumahan.

Kebijakan ini diharapkan mendukung pelaku industri properti maupun kepentingan konsumen. Sehingga industri properti semakin berkembang.

“Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kinerja properti yang lebih sehat dan kuat, yaitu akselerasi pertumbuhan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian,” papar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, di Jakarta, Senin (2/4).

Dengan kebijakan seperti ini pula, lanjut Mirza, perkembangan industri properti ke depan bisa didukung. Begitu pula dengan konsumen.

Menurut Mirza, agar mampu menetapkan kebijakan yang tepat, Bank Indonesia membutuhkan informasi yang akurat dan cepat. Salah satunya informasi mengenai perkembangan sektor properti.

“BI itu hidupnya dengan data. Full of data. Jadi, kalau REI setiap harinya kejar angka penjualan, kami tiap hari hidupnya dengan data. Data adalah jantungnya BI untuk mengambil keputusan,” ujar Mirza.

Oleh karena itu, Mirza meminta mealui kesepakatan tersebut, REI benar-benar bisa bekerjasama sama memberikan data yang primer dan akurat. Sehingga, data BI pun bisa lengkap baik primer maupun sekunder yang didapatkan dari hasil survei BI terhadap perbuahan harga properti di Indonesia.

Selain pertukaran data dan informasi, kerja sama ini juga mencakup pengembangan kompetensi sumber daya manusia. Hal itu dilakukan antara lain melalui focus group discussion, penelitian bersama, seminar, dan sosialisasi, serta kerja sama lainnya yang disepakati BI dan REI.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman (NK) yang ditandatangani oleh Kepala Departemen Statistik Bank Indonesia, Yati Kurniati dengan Ketua Umum REI, Soelaeman Soewaminata. Penandatangan ini disaksikan oleh Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara.

Sementara itu, Soelaeman Soemawinata menyebut kerjasama ini sebagai hal yang menarik bagi REI maupun BI. Dia juga meminta agar anggota REI memberikan data yang akurat.

“Sehingga industri properti benar-benar tumbuh berdasar data yang akurat,” ucapnya. (Abs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here