DPRD Wacanakan Pansus Proyek LRT Fase I, Sandiaga: Kami Akan Terbuka

0
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno - dok.Jitunews.com

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku tak mempermasalahkan rencana DPRD DKI yang akan membentuk panitia khusus (Pansus) terkait proyek light rail transit (LRT) Jakarta fase satu.

Kalangan DPRD mempermasalahkan anggaran proyek LRT rute Kelapa Gading – Velodrome sejauh 5,8 kilometer (km) yang dinilai terlalu besar.

“Tentunya, itu hak teman-teman di dewan (DPRD) kalau ingin membentuk pansus. Kami tentu akan kooperatif. Tidak akan ada yang ditutup-tutupi, kami pastikan itu. Juga tidak ada yang kita rekayasa. Kita akan buka semua open ke publik seluas-luasnya,” papar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/4).

Menurutnya, justeru dengan hadirnya Pansus, pemerintah provinsi justerua akan mendapatkan masukan tentang penganggaran. Bagaimana sudut pandang dewan tentang keterbukaan dan transpransi kebutuhan.

“Begitu pula dengan masyarakat akan mendapatkan gambaran yang jelas. Jadi kehadiran Pansus bukanlah sesuatu yang menakutkan. Justeru akan positif. Tidak ada rekayasa,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M. Taufik mengungkapkan rencana pembentukan Pansus tersebut. DIa menyebut, Pansus tersebut perlu dibentuk untuk mengungkap besarnya dana yang digunakan untuk pembangunan fase satu LRT itu.

“Beberapa kawan di DPRD punya rencana untuk mengusulkan adanya pansus LRT. Kenapa perlu Pansus, karena fase kedua kan mau dibandun. Sedangkan. kami melihat anggaran di fase pertama telalu mahal dibanding dengan LRT yang lain,” ucapnya di kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/4).

Bahkan anggaran untuk LRT rute Kelapa Gading – Velodrome sejauh 5,8 kilometer (km) yang sebesar Rp 5 triliun itu terlalu dibanding LRT untuk Jabodetabek sekali pun.

“Biaya untuk LRT ini kan satu miliar koma sekian lebih untuk setiap satu kilometer. Padahal, di tempat luar kota itu yang di atas Cuma Rp 600 jutaan. Karena itu, saya kira perlu lah ada diskusi panjang,” ungkapnya.

Pembangunan LRT fase satu ini prosesnya dikerjakan Badan Usaha MIlik Daerah DKI Jakarta, PT Jakpro. Saat ini proses pengerjaannya hampir tuntas dan akan diujicoba pada Juli nanti,

Setelah itu, Pemprov DKI Jakarta akan mengerjakan LRT fase II yang akan dibangun dengan rute Velodrome – Dukuh Atas. (Abs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here