Diduga Galang Dana untuk Istri, Bupati Bandung Barat Resmi Jadi Tersangka

0
KPK resmi menetapkan Bupati Bandung Barat Abubakar sebagai tersangka suap - dok.Pikiran Rakyat

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah melakukan pemeriksaan secara intensif akhirnya menahan Bupati Bandung Barat, Abubakar.

Pria yang menjabat bupati untuk periode 2013-2108 itu disangka telah meminta uang kepada sejumlah Kepala Dinas untuk biaya kampanye istrinya, Elin Suharliah, yang maju di Pilkada Bandung Barat.

“Yang bersangkutan ditahan untuk 20 hari ke depan di Pomdan Jaya, Guntur. Penahanan untuk keperluan pemeriksaan kasus yang disangkakan kepadanya,” tutur Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, Kamis (12/4).

Selain Abubakar, KPKjuga telah menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Mereka adalah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat Weti Lembanawati, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bandung Barat Adityo.

“Mereka disangka telah menerima suap,” kata Febri.

Sedangkan tersangka lainnya adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bandung Barat, Asep Hikayat. “Yang bersangkutan ini disangka sebagai pemberi suap,” kata Febri menerangkan.

Barang bukti yang disita dalam kasus ini adalah uang senilai Tim KPK juga mengamankan barang bukti sebesar Rp 435 juta.

Sementara itu, Abu Bakar yang keluar dari gedung KPK usai ditetapkan sebagai tersangka enggan menjawab pertanyaan wartawan. Dia hanya menjawab dengan singkat saat ditanya kabarnya.

“Saya Alhamdulillah sehat,” ucapnya.

Ketika disinggung kasusnya, dia menegaskan akan mengikuti proses hukum yang ada. “Sebagai warga negara yang baik saya akan mengikuti proses hukum yang ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Selasa (10/4) malam Abubakar di kediamannya, membantah telah ditangkap KPK terkait isu suap. Dia menyebut hanya dimintai keterangan soal adanya kepala SKPD di lingkungan pemerintahannya yang diduga mengumpulkan dana.

Namun, pada Rabu (11/4) malam kemarin dia telah di bawa ke gedung KPK, Jakarta. Selanjutnya diperiksa secara intensif oleh penyidik KPK dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka. (Mtf).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here