Bukan Kegiatan Ekonomi, Ternyata 90% Anak Muda Pakai Internet untuk Medsos

0
Ilustrasi internet - dok.Government Technology

Jakarta – Saat ini anak-anak muda generasi milineal yang juga pengguna internet di Indonesia jumlahnya telah mencapai ratusan juta.

Namun, sayangnya, mereka menggunakan internet bukan untuk kegiatan ekonomi produktif, melainkan sekadar sebagai sarana untuk media sosial.

“Kalau dilihat dari data Badan Pusat Statistik, jumlah anak muda di Indonesia itu mencapai 143 juta jiwa. Nah, dari jumlah anak muda sebanyak itu, 54%-nya telah menggunakan internet. Artinya, peluang kerja di dunia digital juga terbuka lebar,” tutur Kepala Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan, Kementerian Tenaga Kerja, Suhartono, di Jakarta, kemarin.

Hanya, lanjut Suhartono, dari 54% anak muda yang telah berinternetan itu, 90,61% diantaranya hanya memanfaatkannya untuk media sosial dan jejaring sosial saja.

Sementara, 52,28% untuk hiburan, dan 78,89% untuk mendapatkan berita.
Sedangkan yang memanfaatkan internet untuk mengerjakan tugas sekolah 31,12%. Kemudian untuk keperluan surat elekronik 27,47%.

Adapun yang memanfaatkan internet untuk kegiatan produktif jual beli barang dan jasa hanya 13,18%. Bahkan untuk kegiatan yang berkaitan dengan fasilitas keuangan atau finansial sekitar 6,89%.

“Padahal, ada peluang kerja yang sangat besar dalam kegiatan penjualan barang dan jasa itu,” kata Suhartono.

Menurut Suhartono, era ekonomi digital saat ini sejatinya banyak memberikan keuntungan bagi masyarakat. Selain efisiensi, efektifitas, transparasnsi, keterbukaan, juga keamanan maupun kemudahan.

“Barang-barang yang dijual pun menjadi murah karena sifat tempat penjualan yang virual dan janagkauannya luas,” imbuh Suhartono. (Kur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here