SBY Sebut Ada Tiga Syarat Koalisi, Polisiti PDIP Ini Tanggapi Begini

0

Jakarta – Menanggapi hiruk pikuk soal syarat berkoalisi mengusung Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang dilontarkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira menyebutnya tidak masalah. Menurutnya, PDIPselama ini siap bekerja dengan siapa saja.

“Ya kalau soal syarat ya bisa dibicarakan. Apalagi, dalam sebuah koalisi kan awalnya dari niatan yang sama, visi yang sama. Ya tentu untuk penyamaan itu kan memang dibicarakan. Kita terbuka dengan siapa saja,” paparnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/3).

Bahkan, dengan Partai Demokrat juga sudah banyak dilakukan kerjasama termasuk di pemilihan kepala daerah. Hal itu, lanutnya, menjadi bukti bahwa komunikasi diantara dua partai tidak ada kendala.

“Karena selama punya pandangan yang sama soal bangsa, punya visi misi sama, ya kenapa tidak melihat ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya, saat memberikan sambutan Rapimnas Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3), SBY menyinggung soal kemungkinan koalisi. Presiden ke-6 RI itu menyinggung sediitnya ada tiga syarat sebuah koalisi yang kuat.

Menurutnya, koalisi bisa dibangun dengan rangka kebersamaan yang tepat. Kedua, visi, misi, dan platform pemerintahan untuk Indonesia lima tahun ke depan harus selaras dan melibatkan semua partai koalisi.

Ketiga, koalisisi harus dibanun dengan dasar sikap solid dan kuat di antara partai-partai sehingga sesama anggota partai harus saling percaya dan menghormati.

“Sebab, koalisi adalah masalah hati,” kata SBY saat itu. (Mel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here