Lampu Canggih Melayang Seperti Kunang-kunang, Penemuan Baru Ilmuwan Jepang

0

Tokyo- Ditemukan Sebuah lampu berukuran kecil yang bisa melayang di udara, Lampu tersebut juga bisa bergerak dan membentuk pola sesuai dengan keinginan penggunanya.

Luciola adalah nama dari lampu ini akibat kemiripannya dengan hewan kecil yang suka bercahaya dimalam hari yaitu kunang-kunang. Lampu itu ditemukan oleh insinyur asal Jepang.

Lampu dengan ukuran sangat kecil ini berdiameter 3.5 mm, dan dengan menggunakan bahan berkelas sangat ringan sehingga beratnya hanya 16.2 mg, dengab cahaya merah sebagai sumber cahaya alat itu, seperti yang dilansir dari Japan Times.

Luciola akan bisa diaplikasikan pada benda lain. Mulai dari benda-benda sederhana yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti mobil atau perlengkapan rumah tangga seperti AC, hanya saja benda-benda itu perlu dilengkapi sistem khusus sehingga bisa tersambung dengan internet untuk menerima dan mengirim data yang memaksimalkan fungsi Luciola.

Luciola mampu mendeteksi keberadaan manusia, atau membantu manusia dalam proyek pembuatan peta di masa depan.

Selain itu, Luciola dilengkapi dengan sensor gerakan dan temperatir, Luciola mampu terbang untuk mengirimkan pesan-pesan tertentu.

Penemuan baru ini telah membuat perkembangan teknologi di dunia semakin maju ke depan. Lampu kecil tersebut dapat melayang dan bergerak kemana pun, hanya dengan menggunakan 285 microspeaker (pengeras suara berukuran kecil/mikro) yang dapat menghasilkan gelombang ultransonik.

Menurut  Makoto Takamiya yang tergabung dalam tim ERATO Kawahara Universal Information Network Project, mereka setidaknya membutuhkan kurang lebih 2 tahun untuk mengembangkan Proyek Luciola hingga akhirnya dapat mencapai titik ini.

“Harapan saya adalah supaya benda kecil ini memiliki kemampuan layaknya ponsel pintar, dan bisa membantu kehidupan sehari-hari manusia,” ungkapnya sebagaimana dikutip Japan Times (1/3/2018).

Takamiya juga berharap perangkat ciptaannya itu bisa diproduksi secara massa dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan. (Asp)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here