Ini Syarat Mendaftar Mudik Gratis Lebaran 2018 yang Digelar Kemenhub

0
Ilustrasi brosur pendfataran mudik gratis lebaran - dok.twitter Kemenhub

Jakarta – Kementerian Perhubungan mulai membuka pendaftaran mudik gratis bagi masyarakat yang hendak mudik pada lebaran 2018 ini.

Bagi yang berminat bisa mendaftar secara online atau langsung datang ke kementerian perhubungan atau dinas perhubungan di kawasan Jabodetabek.

“Masyarakat bisa mendaftar melalui website mudikgratis.dephub.go.id. Sedangkan kalau ingin angsung bisa datang dan mendaftar di kantor pusat Kemenhub Jakarta, kantor Dishub Kota Bogor, kantor Dishub Kota Depok. Bisa juga di kantor Dishub Kabupaten Tangerang dan Dishub Kabupaten Bekasi,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam keterangan pers, Senin (26/3).

Sedangkan persyaratan untuk mendaftar mudik gratis ini, calon penumpang wajib memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku. Mereka wajib membawa STNK, SIM, KTP, KK asli beserta masing-masing tiga lembar fotokopi.

Selain itu tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor mereka. Persyaratan dan informasi mudik ini telah disampaikan kepada paguyuban para perantau di Jakarta dan sekitarnya.

“Dari hasil koordinasi, saa ini sudah terdata sekitar 21.500 orang syang sudah siap untuk ikut mudik gratis bersama Kementerian Perhubungan,” kata Budi.

Rencananya, mudik gratis Kemenhub ini akan dilayani 1.130 bus dan 70 truk, dengan kapasitas angkut masing-masing 50.000 orang dan 3.200 unit motor. DSelain itu juga disediakan moda angkutan laut untuk pemudik ke luar Pulau Jawa.

“Angkutan laut ini untuk tiga lintasan yaitu Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lampung dengan kapasitas masing-masing 1.000 orang dan 500 unit motor,” terang Budi.

Menurutnya pada program mudik gartis Lebaran 2018 ini, Kemenhub tidak hanya fokus ke Pulau Jawa saja, tetapi juga luar Pulau Jawa. “Lokasi tujuan mudik gratis tanpa sepeda motor tahun ini meliputi 32 kabupaten atau kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sumatera Barat,” terangnya.

Sedangkan untuk mudik dengan sepeda motor menuju sembilan kabupaten/kota. Kota-kota itu adalah Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, serta Purwokerto. (Sta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here