Ingat, Mulai Besok Aturan Pelat Ganjil-Genap di GT Bekasi Barat dan Timur Berlaku

0
Ilustrasi Kemacetan di jalan tol - dok.NTMC Polri

Jakarta – Mulai Senin (12/3) besok PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek mulai memberlakukan Permenhub Nomor 18 Tahun 2018 yakni mengatur kendaraan yang melintasi dari Gerbang Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat arah Jakarta berdasar pelat nomor ganjil atau genap.

Untuk memberi solusi bagi pemilik kendaraan yang terkena dampak kebijakan, pemerintah menyediakan 40 bus premum dengan tarif minimal Rp 20.000.

“Iya. Mulai besok sudah berlaku. Saya kira sosialisasi sudah sangat gencar dilakukan melali berbagai saluran mulai dari pengumuman resmi oleh pemerintah hingga media sosial,” tutur Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, saat dikonfirmasi, di Jakarta, Minggu (11/3).

Menurutnya, penerapan ketentuan pelat nomor ganjil genap ini mulai berlaku di Gerbang Tol Prioritas Bekasi Timur dan Bekasi Barat arah Jakarta, yakni pukul 06.00-09.00 WIB. Kebijakan ini berlaku hari Senin-Jumat.

Selain pengaturan kendaraan pribadi golongan I, di Permenhub Nomor 18 Tahun 2018 itu juga diatur jam operasional bagi angkutan barang. Selain diatur berdasar pelat nomor ganjil atau genap, batas muatan truk pun diterapkan secara ketat.

Sementara untuk Prioritas Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU) Bekasi Timur Arah Jakarta dan Bus Transjabodetabek Premium telah diatur dalam Permenhub Nomor 99 Tahun 2017. Artinya untuk angkutan penumpang tidak terkena kewajiban aturan ini.

“Lajur khusus ini juga bisa dilalui bus umum. Kalau bus Transjakarta akan berangkat setiap 10 menit sekali. Dengan demikian, kami berharap masyarakat beralih ke angkutan umum,” kata Bambang.

Dia memperkirakan sedikitnya 8.000 kendaraan akan terkena dampak kebijakan ini, sehingga pengguna akan beralih ke angkutan umum atau mencari pintu tol lainnya. Jumlah kendaraan sebanyak itu didasarkan catatan lalu-lintas yang masuk di GT Bekasi Barat dan Timur pada pukul 06.00 – 09.00 WIB selama ini.

Rinciannya, 2.600 kendaraan yang selama ini rutin melintasi Gerbang Tol Bekasi Barat I dan 2.400 di Bekasi Barat II. Sedangkan sekitar 3.000 kendaraan yang selama ini melintasi GT Bekasi Timur. (Abs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here