Google Peringatkan Vendor: Kini Tak Bisa Sembarangan Pakai Sistem Android

0
Maskot Android - dok. Android Authority

California – Jika selama ini para vendor pembuat ponsel bisa dengan begitu saja menggunakan sistem operasi besutan Google, Android, sekarang tak bisa lagi. Google memberi syarat, jika mereka ingin menggunakannya harus mengantongi sertifikat resmi.

Seperti dilaporkan Engadget, Rabu (28/3) perusahaan raksasa internet itu juga memnegaskan, jika para vedor itu tak sudi disertifikasi maka ponsel produknya tak bakal bisa menjalankan aplikasi dasar alias GApps. Peringatan ini dilontarkan tak main-main.

Meski sebelumnya Google juga pernah menyatakan peringatan serupa namun ‘tak digubris’ para vendor. Namun, kini Google serius.

Bahkan, produsen yang dikenal sebagai pembuat perangkat lunak kondang ini juga mewantiwanti bagi mereka yang suka memodifikasi ROM secara custom. Google dengan tegas menyatakan telah dan akan memblokir perangkat dengan ROM modifikasi dengan firmware yang dibuat setelah 16 Maret.

Mereka tak akan bisa lagi login kea kun Google. Kendati begitu, pabrikan ini memberi solusi bagi mereka yakni dengan mendaftarkan ID perangkat mereka ke whitelist. Hanya saja, jatah untuk whitelist ini terbatas yakni cuma 100 ID.

Artinya, bagi pengguna yang kerap utak-atik ponsel untuk melakukan factory reset untuk menginstal firmware baru, ketentuan Google ini telah menjadi masalah tersendiri. (Dte)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here