EPOOL, Aplikasi e-Marketplace Perusahaan Angkutan dan Pengguna Jasa Truk

0
Dok. Istimewa

Jakarta – PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) yang bergerak dibidang Information Communication dan Technology (ICT) mengembangkan aplikasi logistik, EPOOOL.

Aplikasi ini dimaksudkan sebagai alat bantu untuk menekan tingginya biaya pengiriman serta membantu para pemilik barang mencari angkutan truk.

“EPOOL dimaksudkan sebagai jembatan pemilik barang yang membutuhkan angkutan truk, dan sebaliknya bagi perusahaan angkutan truk yang membutuhkan muatan, dengan cara melalui teknologi informasi,” tutur CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, Adel Rahadi, dalam siaran pers, Selasa (27/3).

Aplikasi ini , lanjut Adel, akan menjadi e-marketplace yang mempertemukan antara pemilik barang dan pemilik jasa angkutan Truk di Indonesia.

Perusahaan transportasi tidak perlu menunggu pada titik-titik pemberhentian, karena secara otomatis bisa melihat permintaan angkut dari para pemilik barang meski di saat mereka beroperasi.

Dengan begitu, truk tidak akan menganggur karena akan dengan cepat mendapatkan muatan balik atau lanjutan. Begitu pun dengan para pemilik barang. Mereka akan dengan mudah dan cepat mendapatkan angkutan truk yang siap untuk mengangkut barang milik mereka.

“Artinya, aplikasi ini membantu perusahaan manufaktur yang sebelumnya kesulitan memperoleh armada. Sedangkan perusahaan truk akan bisa memaksimalkan tingkat utilisasi (pemanfaatkan) armada truk mereka,” terang Adel.

Dia menyebut, dengan aplikasi tersebut maka biaya logistik bisa ditekan hingga 25% dari besaran biaya yang ada saat ini.

Pasalnya, jika armada truk milik perusahaan angkutan yang saat ini tingkat utilisasinya baru 40% atau 60% menganggur banyak terpakai, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat.

“Jika pendapatan meningkat, saya kira perusahaan angkutan truk juga bersedia menurunkan ongkos angkutan. Sehingga, ekosistem logistik akan berjalan dengan baik, dan lebih dari itu biaya logistik juga akan turun,” imbuhnya. (Dte)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here