Bertemu Presiden Jokowi, Ini Unek-unek yang Disampaikan Para Musisi

0
Kepala Bekraf Triawan Munaf bersama sejumlah musisi memberi keterangan kepada pers usai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Kamis 22 Maret - dok.Setkab.go.id

Jakarta – Sejumlah musisi kondang Tanah Air antara lain Glen Fadly, Bimbim Slank, dan Bunga Citra Lestari yang ditemani Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Kamis (22/3) kemarin bertandang ke Istana Merdeka untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan perlunya dibuat strategi besar musik Indonesia untuk menentukan langkah-langkah konkret yang akan dikerjakan dalam meningkatkan kesejahteraan para musisi di Indonesia.

“Seperti yang selalu Bapak Presiden tadi sampaikan, agar ada langkah-langkah konkret bagi kebaikan musik nasional yang selama ini terus terang masih sangat memprihatinkan. Baik itu kesejahteraan musisi, kesejahteraan pencipta masih jauh dari harapan,” tutur Triawan Munaf usai bertemu presiden, kemarin.

Menurutnya, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah juga perlu masukan dari kalangan musisi sebagai dasar menentukan kebijakan. Masukan tersebut berupa langkah-langkah dan keinginan yang akan dicapai oleh para musisi.

“Tidak usah muluk-muluk, tapi melakukannya satu persatu dengan tuntas dari tahun ke tahun. Sehingga hasil yang dicapai juga nyata dan terukur. Misalnya dari setahun ke dua tahun apa, dari 3 tahun sampai 5 tahun,” tutur Triawan menirukan presiden.

Presiden, kata Triawan, menyebut jika perencanaan itu sudah ditetapkan dengan jelas dan rencana aksi sudah disusun, maka persoalan yang selama ini menjadi masalah klasik bisa terpecahkan.

“Sehingga jangan sampai setiap ganti presiden, kita misalnya, masih berkutat dengan urusan masalah properti, masalah right,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip Triawan.

Triawan sendiri menyebut, fakta yang ada saat ini menunjukan hak-hak para musisi belum terpenuhi. Sejumlah pelanggaran hak cipta masih marak. Pelaku masih belum ditindak dengan baik. “Nah itulah yang akan kita lakukan ke depannya,” kata dia.

Meski begitu, lanjut dia, masih beruntung. Dalam kondisi seperti ini masih ada artis yang peduli terhadap keadaan dan mengajak semua rekan-rekannya untuk peduli dan mendiskusikannya.

“Mereka mengajak teman-temannya untuk memikirkan bagaimana nasib musik Indonesia ke depannya,” ucapnya. (Psy/Kontributor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here