Soal Calon Wapres Jokowi di 2019, Ini Kriteria yang Pas Menurut Jusuf Kalla

1
dok. Reuters

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengisyaratkan dirinya tak akan lagi maju untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Wakil Presiden pada pemilihan tahun 2019 nanti karena faktor usia. Namun, untuk calon yang pas mendampingi Jokowi, Kalla memiliki kriteria tertentu.

“Tentu orang yang pas mendampingi beliau adalah yang bisa bisa menaikkan elektabilitasnya (Jokowi),” tuturnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/2).

Kriteria kedua, sosok tersebut harus memiliki komitmen dan visi yang kuat untuk membantu Jokowi menyelesaikan program kerja pada masa pemerintahannya. Dua hal itu, lanjut Kalla, merupakan syarat penting.

“Selain itu, tentunya yang bisa mewakili keterjangkauan keterpilihan,” ucapnya.

Sedangkan saat disinggung masih banyaknya kalangan yang berharap dirinya masih mendampingi Jokowi, Kalla menjawab secara diplomatis. Intinya, dia mengisyaratkan tak akan maju lagi mendampingi Jokowi, karena umurnya yang tak muda lagi.

“Beliau (Jokowi) kan pemimpin muda. Jadi (wakilnya) biarlah yang muda-muda saja,” kata dia.

Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar itu menegaskan, pada saat pemilihan presiden tahun 2019 nanti dirinya akan berada di belakang Jokowi dan mendukungnya secara total.

“Tentu saya akan mendukung beliau. Bagaimana caranya ya nanti kita lihat lah,” imbuhnya. (Psy/Ktb)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here