Korban Tewas Bus Pariwisata Maut di Subang Jadi 27 Orang

0
bus pariwisata kecelakaan di tanjakan Emen Subang, Jawa Barat - dok.istimewa

Subang – Jumlah korban bus pariwisata Premium Passion yang terguling di jalan raya Bandung – Subang tepatnya di tanjakan emen, Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (10/2) hingga malam ini menjadi 27 orang. Mereka adalah rombongan wisatawan dari Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan.

“Sampai malam ini informasi yang kami terima jumlah korban 27 orang. Terbanyak wanita. Meskipun ada pria dan anak-anak,” tutur Kepala Humas RSUD Subang, Mamat Budirakhmat saat dikonfirmasi, Sabtu (10/2).

Pernyataan senada diungkapkan Kapolres Subang, Muhamad Joni. Menurutnya, dari keterangan sejumlah saksi disebutkan bus yang melaju dari arah Bandung menuju Subang itu melaju dengan kencang. Namun ketika melibas turunan dan tanjakan emen bus tidak terkendali.

Bus bernomor polisi F 7959 AA itu sempat menyeruduk sepeda motor yang melaju di depannya. Setelah itu bus yang sebelunya mengantar romobongan ke Gunung Tangkubanperahu itu oleng ke kiri dan menabrak tebing sebelum terguling.

Pengamat transportasi Yayat Supriyatna meminta kementerian perhubungan dan dinas perhubungan untuk menjadikan kasus ini sebagai titik instropeksi dalam melakukan pengawasan. Menurutnya, dugaan rem blong pada bus pariwisata sudah kerap terjadi.

“Nah, apakah bus pariwisata ini berbeda dengan perawatannya dengan bus reguler? Itu perlu dibuktikan. Cek setiap unit bus pariwisata, jika ditemukan bukti rem blong atau tak layak jalan bekukan izin operasi unit itu,” paparnya saat dihubungi, Sabtu (10/2) malam. (Sta/kontributor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here