Dituding Curi Teknologi Mobil Tanpa Sopir, Uber Bayar Ganti Rugi Rp 3,3 T

0

California – Uber Technologies Inc sepakat membayar ganti rugi kepada Waymo anak perusahaan Alphabet Inc induk dari Google sebesar US$ 245 juta atau sekitar Rp 3,33 triliun. Uber disebut telah terbukti dengan insinyur Waymo, Anthony Lewandosky, mencari 14.000 dokumen tentabg desain dan teknologi mobil swakemudi atau tanpa sopir.

Seperti dilaporkan bloomberg, Minggu (11/2), Uber dan Waymo selama ini dikenal sebagai pesaing ketat satu dengan lainnya. Teknologi swakemudi ini diyakini bakal mendatangkan keuntungan miliaran dolar dalam beberapa tahun mendatang.

Sementara, ganti rugi tersebut diberikan dalam bentuk kepemilikan saham. Dengan nilai sebesar itu, maka Waymo kini memiliki  0,34%  saham Uber Technologies Inc.

Sedangkan CEO Uber, Dara Khosrowshasi mengaku menyesalkan kejadian itu. Dia mengaku saat ini tugas dirinya adalah membawa arah strategi perusahaan.

Dara juga mengatakan Waymo saat ini merupakan mitra strategis yang penting bagi Uber. Dia berharap dengan jalinan kerjasama dengan Waymo maka teknologi swakemudi Uber akan semakin berkembang.

Adapun Waymo menyebut pihakanya telah bersepakat dengan Uber. Dan ganti rugi itu dinilai sebagai sebuah bukti bahwa hak kekayaan intelektual garua dilindungi. (Elo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here