Ditanya Pengacara SBY Soal Intervensi Demokrat di e-KTP, Ini Jawaban Firman Wijaya

0

Jakarta – Pengacara Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Didi Irawadi Syamsuddin menyebut saksi di sidang kasus e-KTP, Mirwan Amir telah melakukan kebohongan publik soal pernyataannya yang menyebut telah bertemu dan mengingatkan SBY tentang penyimpangan proyek e-KTP.

Dia juga menuding pengacara terdakwa kasus itu, Setya Novanto, yakni Firman Wijaya telah memelintir pernyataan Mirwan danmenyebarkan fitnah.

“Sekali lagi saya samoaikan bahwa sudara Mirwan (Amir) telah menyampaikan kebohongan soal pertemuan dengan SBY (dan menyampaikan peringatan). Sebab, setiap peremuan dengan SBY selalu dijadwalkan, da nada saksi yang melihatnya. Jadi, dia jelas bohong,” paparnya di forum diskusi bertajuk ‘Catatan Hitam e-KTP’ di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/2).

BACA: Soal Laporan SBY ‘This is My War’, Begini Tanggapan Setya Novanto

Bahkan dia menyebut apa yang diungkapkan Mirwan saat bersaksi di sidang kasus e-KTP yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta beberapa waku lalu itu fitnah. Berkaitan dengan pernyataan yang bersifat fitnah ini, Didi mengaku akan mengambil langkah hukum kepada Mirwan.

Karena pernyataan Mirwan yang tak sesuai kenyataan itu, lanjut Didi, maka apa yang diungkapkan Firman Wijaya kepada media usai persidangan (25/1) lalu itu juga tidak sesuai dengan fakta persidangan.

BACA: Ini yang Membuat SBY Melaporkan Pengacara Setya Novanto ke Polisi

Terlebih, Mirwan yang saat pembahasan proyek e-KTP menjabat Wakil Ketua Badan Anggaran DPR dari Partai Demokrat itu, tidak pernah sekalipun menyebut ada intervensi oleh partai pemenang pemilu atau Demokrat.

“Kami tidak melihat di dalam persidangan itu, Mirwan Amir yang mengatakan ada intervensi partai pemenang pemilu,” ucapnya.

Didi pun menyebut apa yang diungkapkan Firman itu juga fitnah. Lantaran itu pula, kata dia, SBY melaporkan Firman ke Bareskrim Polri . “Apa yang diungkapkan Firman berbeda dengan yang disampaikan Mas Firman di uar sidang. Kan enggak ada itu, Mirwan menyebut ada intervensi partai pemenang pemilu. Mana?,” ungkapnya.

BACA: Nama SBY Disebut di Kasus E-KTP, Demokrat: Ada yang Ngarang Cerita

Menanggapi hal itu, Firman menegaskan dirinya akan membuktikannya segera. ” Iya, nanti saya akan buktikan,” ucapnya.

Mendapatkan jawaban seperti itu, Didi semakin bersemangat mencecar Firman. Dia meminta agar Firman menjawab ada atau tidak pernyataan Mirwan yang menyebut ada intervensi tersebut.

“Ada enggak? Ada enggak? Jawab itu dulu. Ada enggak, jangan belok sana-sini, belok kanan kiri,” tegasnya.

Firman kembali tidak terpancing pertanyaan Didi, dia mengatakan dirinya saat ini sebagai terlapor (oleh laporan SBY ke Bareskrim). “Jadi nanti pada saatnya nanti akan saya jelaskan. Itu kan fakta di persidangan, jadi tidak boleh dibawa keluar, nanti saya dikira fitnah lagi,” ungkapnya.

Didi pun sekali lagi meminta Firman menjawab pertanyaan apakah Mirwan Amir mengatakan seperti yang dia ungkap di hadapan media? Sebab Didi mengaku tidak pernah mendengar ucapan itu dari Mirwan. Dia pun meminta panitia diskusi memutar kesaksian Amir di persidangan dan pernyataan Firman di luar persidangan.

Karena Firman tak menjawab, Didi menyebut Firman tak bisa menjawab pertanyaannya.(Elo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here