Cara Gampang Bikin Sambal Goreng Kentang Pete Udang

0
Sambal Goreng Kentang Pete Udang - dok.tetitah.com

Jakarta – Saat musim hujan  seperti saat ini menyantap makanan dengan cita rasa gurih, pedas, dan sentuhan rasa yang khas benar-benar nikmat. Salah satu lauk yang pas karena memiliki cita rasa seperti itu dan gampang membuatnya adalah sambal goreng kentang pete udang.

Rasa gurih daging kentang yang berpadu dengan gurih protein udang begitu terasa saat lidah mencecapnya. Terlebih dengan rasa khas pete yang diselingi pedas cabe rawit….hmmm benar-benar nikmat.

Terlebih paduan rasa bawang merah, bawang, putih, kemiri, dan gurihnya santan. Benar-benar melengkapi rasa lezat udang dan kentang.

BACA: Ubi, Makanan Sederhana Tapi Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Manusia

Ingin tahu cara memasaknya? Siapkan 200 gram udang yang telah dibersihkan bagian kepalanya dan cuci bersih, tiriskan dan goreng hibgga matang.

Siapkan juga kentang 200 gram. Kupas kulitnya dan potong kecil – kecil dengan bentuk dadu. Cuci dan tiriskan, dan goreng hingga matang.

BACA: Ceker Mercon, Kaya Gizi dan Nikmatnya Nampol
Ambil dua lanjar pete ambil biji pete dan cuci. Potong kecil-kecil.

Setelah itu haluskan bumbu yang terdiri dari 5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri, garam secukupnya, gula pasar setengah sendok teh, 5 cabe merah besar, dan 5 cabe rawit. Jangan lupa geprek lengkuas 1 centimeter, dan selembar daun salam.

Jika semua bumbu, udang, dan kentang, potongan pete sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan penggorengan. Tuangi wajan dengan satu sendok makan minyak goreng.

BACA: Asem Pedas dan Gurih, Lekernya Garang Asem Jawa Tengah

Setelah minyak telah panas tumis bumbu halus hingga beroma harum. Masukan pula pete, daun salam, lengkuas, udang dan kentang.

Langkah berikutnya, masukan sepertiga santan Kara yang telah dicampur dua satu setengah gelas air. Jika Anda penyuka pedas, bisa ditambahkan cabe rawit utuh.

Tambahi bumbu penyedap sesuai selera. Aduk hingga rata. Setelah 5 menit, sambal goreng pun siap disajikan.

Lebih nikmat disantap dengan nasi pulen yang hangat….hemmmm nikmat. (Ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here