Permintaan Pembatalan HGB Pulau Reklamasi Ditolak, Ini Langkah Anies Baswedan

0
Reklamasi Teluk Jakarta - dok.Istimewa

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku masih enunggu surat balasan resmi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) soal penolakan pembatalan Hak Guna Bangunan (HGB) pulau hasil reklamasi.

Dia menunggu jawaban tersebut untuk dasar langkah selanjutnya yang akan ditempuh.“Saya menunggu suratnya (balasan) dulu,” ujarnya di balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/1).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini tetap berpendapatan penerbitan HGB untuk Pulau D tersebut tidak sesuai dengan prosedur. Pasalnya, untuk menerbitkan sertifikat semestinya haus ada Peraturan daerah (Perda) yang mendasarinya.

BACA JUGA: Menteri Agraria Tolak Permintaan Anies untuk Batalkan HGB Pulau Reklamasi

Sementara, lanjut dia, Perda yang mengatur Zonasi itu sampai saat ini belum ada, karena telah ditarik oleh Pemprov DKI Jakarta. “Dari situ saja kita semestinya sudah tahu. Jadi, bagaimana bisa mengatur lahan-lahannya kalau Perda-nya saja belum ada. Iya kan?,” ujarnya.

Namun, Anies mengaku tak ingin berandai-andai menggugat penerbitan HGB pulau hasil reklamasi itu ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Langkah yang dia lakukan saat ini adalah menunggu surat resmi dari Kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA: Anies Kirim Surat ke Menteri BPN Minta HGB Pulau Reklamasi Dibatalkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here