Hemm… ‘Nyamlengnya’ Nasi Gandul Khas Pati Jawa Tengah, Bikin Ketagihan

0

Jakarta – Jika Anda termasuk salah seorang penggemar kuliner khas atau penikmat kuliner otentik daerah, tak ada salahnya jika mencoba mencicipi kekhasan ‘Nasi Gandul’. Kuliner khas Pati, Jawa Tengah, ini memiliki varian bumbu dan aneka lauk dalam satu menu dengan cita rasa asli nusantara yang menggoda.

Banyak yang menyebut asal mula Nasi Gandul (atau dalam bahasa setepat disebut Sego Gandul), berasal dari Desa Gajahmati Kecamatan Kota Pati. Sepintas, nasi yang dipadu dengan lauk tempe yang dogreng dengan resep bumbu khas, itu diimbuhi kuah yang sepintas mirip dengan semur daging atau gulai.

Nah, menariknya menu standar ya nasi putih, tempe goreng plus kuah. Jika pembeli ingin menambah lauk, mereka bisa memilih tambahan lauk daging empal goreng. Selain itu ada empal, usus, babat yang digongso atau digoreng tanpa minyak tapi dengan bumbu kuah yang dipanskan hingga kering.

BACA JUGA: Cara Mudah Bikin Kwetiau Sapi Goreng Spesial yang Gurih Nikmat di Rumah

Selain itu ada telur, tempe, atau tahu bacem. Tapi, kini ada varian lauk lainnya mulai dari krecek hingga telur dadar. Jika Anda suka bisa menambahkannya dengan sambal terasi atau sambal korek yakni sambal bawang.

Kuah semur yang gurih mencuat dari paduan antara rasa ketumbar, bawang merah, bawang putih, plus kemiri. Gurih paduan rasa itu dipadu dengan kecap manis, sehingga tak menjadikan siapa saja yang menyantapnya terasa eneg dan bosan.

BACA JUGA: Ini Cara Kedutaan Indonesia di Rusia Promosikan Wisata dan Kuliner Nusantara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here