Harga Beras di Jakarta Naik 10%, Pemerintah Bersama Bulog Operasi Pasar

0
Ilustrasi beras - dok.80 Twenty Nutrition

Jakarta – Harga semua jenis beras di wilayah DKI Jakarta dilaporkan naik 10%. Berkaitan dengan hal itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya menyetabilkan harga dengan melalui operasi pasar.

“Kami berusaha untuk terus menyetabilkan harga. Dan pada hari ini akan digelontorkan beras sebanyak 3.000 ton,” tutur Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, di Jakarta, Selasa (9/1).

Sandi mengatakan, langkah itu ditempuh setelah pihaknya berkoordinasi secara eksklusif dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengenai cara mengontrol harga beras yang saat ini naik.

BACA JUGA: Hasrat Seks Wanita Menggebu di Usia 30-45 Tahun Lalu Merosot, Ini Sebabnya

Dia mengaskan, pemerintah provinsi berharap agar distribusi beras lancar dari pedagang langsung ke masyarakat dan tidak ada tindakan penimbunan beras.

“Sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia saya juga mengeluarkan maklumat bahwa para pedagang diminta tidak menahan produk beras. Ini perintah langsung yang harus dilaksanakan, kalau tidak akan diberikan sanksi dan akan berkoordinasi dengan satgas pangan,” paparnya.

BACA JUGA: Sempat Mangkrak Dua Tahun, Kini Film Six Billion Dollar Man Segera Diproduksi

Sementara itu, Kementerian Perdagangan bersama dengan Perum Bulog, Selasa (9/1) melepas tim operasi pasar yang akan mendistribusikan beras cadangan pemerintah ke pasar-pasar seluruh Indonesia.

Dalam operasi kali ini, pemerintah memperluas area jangkauan, dari 1.100 gerai menjadi 1.838 gerai di 198 titik pasar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti menyebut, sepanjang Januariini pihaknya telah menggelontorkan beras medium ke pasar sebanyak 37.908 ton.

BACA JUGA: MA Batalkan Larangan Bermotor di Jalan Thamrin Jakarta

“Beras pemerintah digelontorkan ke pasar dengan harapan suplai beras jadi lebih seimbang. Sehingga harga yang ada seperti yang kita harapkan,” ujar Djarot, di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Jakarta, Selasa (9/1). (Abs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here