KTM Duke 790 Hadir di Pasaran Tahun Depan, Ini Keunggulannya

0

Mattighofen – Pabrikan motor asal Mattighofen, Austria, KTM Sportmotorcycle AG mulai memasarkan varian sport anyar KTM Duke 790 awal tahun 2018 nanti. Motor ini sebelumnya diperkenalkan di pameran motor internasional EICMA 2017 yang berlangsung di Milan, Italia, 7-12 November kemarin.

Seperti dilaporkan laman MotorBeam, Rabu (15/11), saat dipajang di EICMA varian roadster itu masih berupa prototipe. Sementara proses produksi massal akan dilakukan akhir tahun ini.

Varian ini menggunakan rangka baja berlapis chromium molybdenum dengan subframe dari aluminium. Proses produksi akan dilakukan di pabrikn milik Bajaj Auto – pemilik mayoritas saham KTM – di Chakan, India.

KTM membekalinya dengan mesin parallel-twin LC8c 799 cc. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 105 hp pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 8.000 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan gearbox enam tingkat yang diimbuhi fitur fitur quickshifter.

Sumber di KTM menastikan versi produksi Duke 790ini bakal tidak berbeda jauh dengan versi prototipenya. Begitu pun kelir khasnya, yakni oranye.

Menariknya, kata dia, dengan berat kosong 169 kilogram maka power to weight ratio motr mencapai 0,61 daya kuda per kilogram. Walhasil, entakan dan tarikan motor bakal lebih enteng namun tetap stabil.

KTM memastikan kenyamanan motor ini. Sebab, pabrikan membekalinya dengan perangkat suspensi depan berupa garpu Upside Down 43mm, dan suspensi belakang monoshock gas charged besutan WP Suspension.

Sementara perangkat pengeremannya cakram 300mm di roda depan dan cakram tunggal 240mm di belakang Brembo. Perangkat pegereman ini dilengkapi sistem Antilock Braking System buatan Bosch.

KTM juga menyuguhkan fitur mode pengaturan gaya berkendara, plus kontrol traksi. (Ran)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here