Tata Prima 2528K, Solusi Total Bisnis Pertambangan dari Tata Motors

0

Tangerang – Menjawab permintaan truk medium seiring dengan menggeliatnya sektor konstruksi dan pertambangan PT Tata Motors Distribusi Indonesai (TMDI) meluncurkan Tata Prima 2528.  Peluncuran truk ini merupakan solusi total bagi para pebisnis yang menggunakannya.

“Kendaraan dengan down time minim, tahan dioperasikan  di level  ekstrim (terus menerus), berkemampuan off-road, didukung ketersediaan suku cadang dan layanan servis yang luas, serta dukungan di area proyek (tambang atau infrastruktur), adalah kendaraan yang dibutuhkan di dua area itu (tambang dan konstruksi),” tutur Commercial Vehicle Marketing Manager TMDI, Wilda Bachtiar, dalam bedah produk Tata Prima 2528 di booth Tata Motors GIIAS 2017, ICE Serpong, Tangerang, Jumat (18/8).

Serangkaian persyaratan ini, lanjut Wilda, ada di Tata Prima 2528K. Meski tak menyebutkan berapa persentase tingkatnya, namun dipastikan tingkat durabilitas Tata Prima lebh tinggi dibanding truk sejenis dari kompetitor.

Dengan dimensi panjang 6.000 milimeter (mm), bodi hauling, dan kapasitas bak yang mencapai 24 meter kubik, truk menawarkan memberikan nilai lebih dibanding truk merek lain sekelasnya.

Truk tipper ini secara spesifik memang dirancang khusus untuk digunakan di medan offroad baik pertambangan maupun area proyek infrastruktur. Dengan sasis yang kuat serta ban 10.000 x 20 16PR, truk ini mampu melibas medan-medan berat.

Mesin Cummins 6,7 liter dengan sistem pengabutan bahan bakar High Pressure Common Rail (HPCR) elektronik yang diusungnya bertenaga 266 hp pada 2.500 rpm dan torsi 975 Nm pada 1.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda menggunakan transmisi ZF 9 speed high-low gear. “Ketangguhannya di area pertambangan telah diuji selama lebih dari 2,5 tahun,” ” kata Wilda.

Tata Motors menanam 4-point suspension untuk menyokong kenyamanan kabin.
Terlebih, jok untuk pengemudi dan posisi lingkar kemudinya bisa diatur sesuai keinginan dan kebutuhan. Bahkan, kabin truk ini dilengkapi blower dan penyejuk kabin (AC).

Kenyamanan juga ditunjang oleh penggunaan suspensi parabolic spring di roda depan yang banyak digunakan oleh truk-truk buatan pabrikan Eropa.

“Suspensi ini memberikan kenyamanan lebih, karena lebih lembut namun kuat. Selain itu membuat umur pakai ban lebih lama,” jelas Wilda.

Sedangkan suspensi belakang berupa tandem bogie, dirancang untuk mengurangi frekuensi gesekan, sehingga keausan dan robek ban bisa dihindarkan. Lebih dari itu, bisa mengurangi tekanan secara keseluruhan kepada kendaraan.

Melengkapi keunggulan tersebut, TMDI memberikan garansi hingga  dua tahun atau 5.000 hari. Masa garansi ini setara dengan 100.000 kilometer atau dua kali ipat dari rata-rata garansi yang diberikan oleh merek lain yang umumnya hanya satu tahun atau 50.000 kilometer.

Selain itu, TMDI juga memberikan tiga kupon servis gratis atau lebih banyak ketimbang merek lain yang hanya dua kupon. “Kami juga memberikan tawaran servis kontrak, konsinyasi suku cadang, training kepada driver. Kami memberikan fasilitas berupa mekanik yang standby di area tambang selama tiga gratis,” imbuh Wilda.

Menariknya, dengan berbagai keunggulan dan keuntungan yang ditawarkan TMDI membanderol truk ini 5 persen di bawah harga truk sejenis dari merek lain. Rinciannya, Rp802,3 juta untuk Tata Prima LX 2528.K Cabin Chassis (off the road) dan Rp992,5 juta untuk Tata Prima LX 2528.K Dump Truck Full Karoseri (on the road).

Serangkaian keunggulan produk dan layanan inilah  yang ditawarkan Tata Motors melalui TMDI sebagai solusi bisnis kepada para penggunanya. Sebab, semuanya ditawarkan dengan satu tujuan, demi efisiensi untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Sebab, keberhasilan bisnis terjadi manakala Anda menjadi ahli dalam seni penghematan. Dan Tata Motors memahami itu dengan menawarkan biaya perawatan dan suku cadang yang lebih rendah,” imbuh Wilda.(Tfn)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here