Susul Inggris dan Prancis, Pemerintah Jerman Segera Larang Penjualan Mobil Diesel

0
Kanselir Jerman, Angela Merkel - dok.AsiaLastNews

Berlin – Pemerintah Jerman dibawah kepemimpinan Kanselir Angela Merkel akan melarang penjualan mobil baru yang bermesin diesel atau berbahan bakar solar serta bermesin degan bahan bakar bensin. Polusi udara yang kian memprihatinkan menjadi alasannya.

Seperti dilaporkan FoxBusiness dan CNN Money, Selasa (22/8), pernyataan Merkel itu diungkapkannya saat diwawancarai media mingguan Jerman, Super Illu, yang terbut pada Senin (21/8) kemarin. “Saya tidak bisa mengatakan kapan waktunya secara persis (mulai dilarang), tetapi arah kebijakan ini saya pastikan sudah berjalan di rel yang benar,” paparnya.

Merkel juga mengatakan, pemerintahnya telah dengan cepat berinvestasi untuk pembangunan infrastruktur dan teknologi pengisian daya mobil listrik sebagai penggantian mobil berbahan bakar dari bahan fosil atau BBM. Dia mengklaim, bahwa kebijakan seperti itu juga telah dikomunikasikan dengan negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

Sebelumnya, pemerintah Inggris dan Prancis juga sudah menyatakan akan menyetop penjualan kendaraan bermesin dengan BBM solar dan bensin. Hal itu didasari pertimbangan untuk menciptakan udara bersih di negara mereka.

Juru Bicara Pemerintah Jerman pun mengkonfirmasi pernyataan Perdana Menteri Merkel. Melalui surat elektronik, Juru Bicara itu menegaskan, pemerintah memang bersikap keras terhadap polusi udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermesin diesel. Dampak polusi dari asap kendaraan itu terus meningkat. (Tfn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here