OJK Kini Tengah Kaji Pembentukan Broker Saham Syariah

0

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  saat ini sedang mengkaji aturan terkait pembentukan divisi khusus pengelola saham-saham syariah di perusahaan sekuritas. Hal itu dilakukan agar pasar saham syariah juga terus berkembang dan investor yang mencari instrument investasi syariah tak kesulitan.

“Jadi, nantinya bisa saja ada sekuritas syariah sehingga pangsa saham-saham syariah juga berkembang. Memang pernah ada usulan ke kami agar ada broker saham syariah,” tutur Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK, Nurhaida,  di Jakarta, kemarin.

Lembaga ini juga telah mewajibkan Manajer Investasi  yang memiliki produk syariah untuk membentuk divisi khusus pengelolaan reksa dana syariah. Oleh karena itu sangat dimungkinkan bagi OJK untuk mengatur pembentukan divisi syariah di sekuritas.

“Kami sedang mengkaji kemungkinan itu. Tapi tentunya harus dilihat terlebih dahulu sisi positif dan sisi negatif dari rencana pembentukan broker syariah itu,” ujarnya.

Kajian itu, lanjut Nurhaida,  juga menyangkut wacana untuk memisahkan antara sekuritas konvensional dan broker syariah. Namun, bukan berarti saham-saham syariah tersebut hanya dapat diperdagangkan oleh broker syariah saja. (Mel/Ktb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here