Hebat, Nenek 105 Tahun Ini Masih Aktif Jadi Fotografer

0

Guangxi – Berkreasi dan kreatifitas tak mengenal usia, begitulah barangkali prinsip dari seorang nenek berusia 105 tahun di Lianhui, Guangxi, Cina, Li Yuzhen. Betapa tidak, di usianya yang sudah renta dia masih mampu menjalani profesi seorang fotografer.

Seperti dilaporkan Shanghaiist dan China Daily, Jumat (17/3,  Li yang saat ini membantu mengelola sebuah studio foto milik anaknya di Lianhui, Guangxi, itu masih cekatan menjalani profesinya. Bahkan hasilnya pun masih tajam dan taka kalah dengan fotografer generasi digital.

Li Yuzhen membidik obyek foto – dok.Shanghaiistu

Maklum. Pengalaman Li tidak bisa dianggap enteng. Dia mulai mengenal dunia fotografi pada tahun 1953 atau 64 tahun yang lalu. Dia belajar dari suaminya sesaat setelah menikah pada tahun itu.

Kala itu, suami Li memiliki sebuah studio foto kecil di Guangdong. Saban hari – karena membantunya – sang suami mengajari dia teknik-teknik fotografi.

Li Yuzhen menunjukan kamera lamanya – dok.Shanghaiist

Dari kebiasaan itulah dia mulai mahir mengutak-atik kamera. Dia juga piawai memilih anglel, pencahayaan, hingga mengatur diafragma kamera.

Bahkan setelah diperiksa sang suami, hasil jepretan Li ternyata sangat memuaskan. Sejak itulah dia mulai memotret secara profesional, sembari menjadi manajer sebuah studio foto lain.

Li Yuzhen – dok.Shanghaiist

Li juga menjadi salah seorang saksi perkembangan dunia fotografi di Negeri Tirai Bambu dari foto hitam putih menjadi digital pada dekade lalu. Kini, dia masih aktif memotret.

Salah satu obyek foto favoritnya adalah keluarganya sendiri. Tapi, tak jarang dia juga memotret obyek alam atau orang yang tengah beraktifitas di alam bebas.

Li juga masih sempat belajar teknologi modern di dunia fotografi yang terkini. Selain itu, dia mengajari cucu-cucunya soal teknik mengambil gambar menggunakan ponsel pintar.

Li Yuzhen dengan cicitnya – dok.shanghaiist

Itulah Li Yuzhen, seorang nenek 105 tahun yang masih aktif menjalani profesinya. Dia telah menjadi fotografer tertua di dunia yang masih aktif. (Ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here