Tarif Lima Ruas Tol Jasa Marga Naik Mulai 8 Desember Lusa

0
Kantor PT Jasa Marga (Persero) Tbk - dok.Istimewa

Jakarta – Terhitung mulai pukul 00.00 WIB, Jumat (8/12) lusa, PT Jasa Marga (Persero) menaikkan tarif lima ruas tol yang dikelolanya.Kelima ruas tol itu adalah tol Dalam Kota Jakarta, tol Surabaya-Gempol, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Palimanan-Kanci, dan Tol Semarang Seksi A, B, C.

“Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diatur dalam Undang-Undang No. 38 tahun 2004 Pasal 48 ayat 3 tentang Jalan Tol Penyesuaian. Dilakukan setiap dua tahun sekali,” papar Corporate Secretary PT Jasa Marga, Agus Setiawan, di Jakarta, Rabu (6/12).

Keputusan Menteri PUPR itu, lanjutnya, bahkan sudah terbit tanggal 30 November lalu. “Di situ dikatakan penyesuaian efektif di lapangan 7 hari setelah Kepmen diberlakukan. Kita akan mulai tanggal 8 Desember 2017,” ujarnya.

Kenaikan tarif ini bervariasi sesuai dengan berbagai golongan kendaraan dengan kisaran antara Rp500 dan Rp1.000. Khusus untuk jalan tol dalam kota Jakarta, tarif barunya adalah golongan I Rp9.500, golongan II Rp11.500, golongan III Rp15.500, golongan IV Rp19.000, dan golongan V Rp23.000.

Sementara itu, AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, penyesuaian dan evaluasi tarif tol setiap dua tahun itu dilakukan berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi. Penghitungan usulan tarif tol dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dievaluasi oleh BPJT berdasar data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir.

Dia menyebut, Jasa Marga selalu meningkatkan pemenuhan indikator standar pelayanan minimum (SPM). Aspek-aspek SPM yang ditingkatkan itu antara lain kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan atau penyelamatan dan bantuan pelayanan, serta kebersihan lingkungan dan kelaikan tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Sebagai contoh, dia menyodorkan implementasi 100% pembayaran tol nontunai di seluruh ruas jalan tol dengan e-money yang diterbitkan oleh multibank. Kemudian integrasi sistem transaksi tol pada beberapa ruas jalan tol, upgrade sistem peralatan tol untuk men-support pelayanan, dan lainnya. (Kur)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here