Qualcomm Kenalkan Laptop Berbasis Snapdragon dan Windows 10, Ini Keunggulannya

0
Ilustrasi Laptop Asus - dok.TechCrunch

Hawaii – Menggandeng Asus, HP, dan Lenovo, perusahaan perusahaan teknologi asal San Diego, California, Amerika Serikat, Qualcomm Technologies memperkenalkan laptop pertama dengan prosesor Snapdragon 835 dan sistem operasi Windows 10.

Selain menyuguh keunggulan berupa koneksi internet terus menerus, baterainya juga irit.
Seperti dilaporkan situs resmi Qualcomm dan TechCrunch, Rabu (6/12), Executive Vice

President of Qualcomm Technologies and President of Qualcomm CDMA Technologies, Cristiano Amon mengatakan, perusahaannya berkolaborasi dengan tiga pabrikan laptop itu untuk menghadirkan produk yang disebut dengan The Always Connected PC.

“Pengguna bisa terhubung, berkreasi, dan berkolaborasi setiap saat. Mereka tidak butuh pengisi daya, hanya bawa laptop Anda,” tuturnya saat berbicara di Snapdragon Technology Summit di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (5/12) kemarin.

Menurutnya, Qualcomm melakukan telah melakukan survei di Amerika Serikat dan Cina tentang apa yang diinginkan masyarakat dari sebuah PC dan laptop. Hasilnya, 65% pengguna komputer portabel menginginkan kemampuan untuk selalu terkoneksi ke internet.

Sementara, 51% menginginkan daya tahan baterai yang lebih besar. Keinginan yang sama juga diungkapkan masyarakat di Cina. Lantaran itulah, Qualcomm bekerjasama dengan Microsoft untuk mewujudkan keinginan itu.

Adapun soal keunggulan Snapdragon 835, Cristiano mengatakan pertama, akan membuat konsumsi daya lebih irit. Sebab, Snapdragon 835 sejak awal dirancang untuk bisa bekerja dalam smartphone.

Sehingga, baterai yang lebih besar pada laptop akan membuatnya sangat irit daya. Qualcomm menjanjikan daya tahan baterai lebih dari 20 jam.

Sementara, dengan digunakannya SoC Snapdragon 835, laptop akan memiliki fitur modem LTE dan beragam fitur konektivitas khas Qualcomm lainnya. Laptop “Always Connected PC” itu juga akan terkoneksi terus-menerus ke internet tak ubahnya sebuah smartphone.

Artinya, saat layar dimatikan akan masuk ke mode standby. Sehingga, semua email dan pesan terus update. Selain itu laptop langsung hidup dari mode standby begitu dibuka seperti sebuah smartphone.

Namun, untuk konektivitas yang terus-menerus laptop ‘Always Connected’ itu membutuhkan SIM card 4G/LTE.

Pada kesempatan itu, Chief Executive Officer Asus, Jerry Shen menyebut dengan kerjasama itu pihaknya memperkenalkan 2-in-1 Convertible ASUS NovaGo yang menggunakan Snapdragon 835 dan berbasis Windows 10.

“Perangkat ini mulai dipasarkan tahun 2018 nanti,” ucapnya.

Sedangkan Vice President and General Manager of Consumer Personal Systems HP, Kevin Frost, memperkenalkan HP ENVY x2 Windows on Snapdragon Mobile PC. Adapun Lenovo akan memperkenalkan laptop berbasis Snapdragon dan Windows 10 pada awal tahun depan pada ajang 2018 International CES di Las Vegas, Amerikat Serikat. (Dte)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here