Jemput Warganya yang Melancong di Bali, Cina Kirim 13 Pesawat

0
Turis asal Cina di Bali - dok.Xinhuanet.com

Beijing – Pemerintah Republik Rakyat Cina mengirim 13 penerbangan ke Bali, Indonesia, untuk mengangkut wisatawan negeri itu yang tertahan di Bali akibat erupsi Gunung Agung dan menyebabkan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai ditutup.

Para pelancong asal Cina itu diangkut oleh maskapai penerbangan milik pemerintah,China Eastern dan China Southern.

Seperti dilaporkan China Daily News, Kamis (30/11) Badan Penerbangan Sipil Cina (CAAC mengatakan, maskapai China Southern Airlines mengirimkan dua pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen. Sementara, China Eastern Airlines mengirimkan empat pesawat dari Beijing dan Shanghai.

Maskapai penerbangan milik pemerintah itu telah memulangkan 2.700 turis dari Bali. Sedangkan tujuh pesawat dari maskapai penerbangan swasta mengangkut lebih dari 1.000 wisatawan, seperti dikutip Kantor Berita Xinhua, Jumat (1/12).

Armada pesawat milik maskapai penerbangan Cina itu juga ikut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan mengankut 5.596 wisatawan dari berbagai negara untuk keluar dari Bali. Itu mereka lakukan setelah Bandar Udara Ngurah Rai ditutup mulai Senin (27/11) hingga Rabu (29/11).

Namun pada Rabu (29/11) Bandara dibuka kembali pada pukul 14.00 WITA hingga pukul 07.00 WITA. Menjelang pukul 9.30 WITA Kamis (29/11) tujuh penerbangan dari maskapai domestik dikirim ke Bali dan membawa 1.658 wisatawan pulang.

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian 3.000 meter lebih dari kawah. Menurut Menteri Pariwisata Indonesia, Arif Yahya, kerugian sektor pariwisata di Bali sejak gunung erupsi mencapai US$ 650 juta.

Bali merupakan destinasi wisata di Indonesia yang paling banyak didatangi turis, yakni 4,5 juta orang atau hampir setengah dari total turis yang berkunjung ke Indonesia yakni 10 juta orang. Cina merupakan negara pengirim turis terbanyak ke Bali menggeser Australia. (Dte)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here