Awas, Siklon Dahlia Telah Menjauh Tapi Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi

0
Ilustrasi tingginya gelombang laut - dok.Stanford News

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, setelah badai Cempaka dan Dahlia mereda masih ada potensi ancaman yakni cuaca ekstrem. Dalam beberapa hari ke depan diperkirakan masih terdapat potensi cuaca ekstrem, antara lain: hujan lebat hingga sangat lebat.

“Potensi cuaca ekstrem ini berada di Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan. Selain itu terdapat di Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua. Sementara angin kencang lebih 20 knot di Sumatera Utara dan Aceh,” tutur Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam siaran pers, Selasa (5/12).

Dia mengimbau masyarakat agar mewaspadai kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon, baliho tumbang atau roboh. Selain itu juga mewaspadai kenaikan tinggi gelombang alut.

Menurutnya, prakiraan BMKG menunjukan pada 3-12 Desember wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian Utara mengalami monsoon break, yakni curah hujan rendah.

“Atau dapat dikatakan hujannya ‘istirahat’. Meskipun Jawa Tengah ke arah Jawa Timur bagian selatan, hingga Nusa Tenggara mengalami curah hujan berintensitas sedang-tinggi. Selain itu, Sumatera Bagian Utara termasuk Aceh dan Kalimantan pun mengalami curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi,” paparnya.

Dwikorita menyebut Desember 2017- Februari 2018 merupakan periode puncak musim hujan 2017/2018 khususnya bagi wilayah Sulawesi Selatan, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

Oleh karena itu, lanjut dia, perlu diwasapadai wilayah-wilayah yang rentan dan berpotensi akan terjadinya bencana hdirometeorologi, seperti banjir, genangan, dan longsor. (Dte)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here